Lloyd Austin, Pria Kulit Hitam Pertama yang Jadi Menhan AS, Ini Profilnya

Acehpos.id | Lloyd Austin menjadi pria kulit hitam pertama yang menduduki jabatan sebagai Menhan AS dan berkantor di Gedung Pentagon.

Austin resmi dilantik oleh Senat Amerika Serikat (AS) sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) AS pada Jumat (22/1/2021).

Melansir Kompas.com, dia mengisi posisi yang krusial di bawah kabinet Presiden AS Joe Biden.

Austin mendapat suara yang telak dari Senat AS, di mana 93 anggota Senat AS memilihnya untuk duduk di kursi Menhan AS, sedangkan dua suara menolaknya.

Profil Menhan AS Lloyd Austin

Dikutip dari wikipedia, Lloyd James Austin III lahir 8 Agustus 1953 adalah pensiunan jenderal Angkatan Darat bintang empat Amerika.
Austin lahir pada 8 Agustus 1953, di Alabama dan dibesarkan di Thomasville, Georgia.

Dia lulus dari Akademi Militer Amerika Serikat (West Point) dengan gelar Bachelor of Science pada tahun 1975
Austin menikah dengan Charlene Denise Banner Austin, telah menikah selama lebih dari 40 tahun dan memiliki dua anak.

Karier Militer

Setelah lulus dari West Point austin menduduki jabatan sebagai letnan dua.

Tugas awalnya adalah di Divisi Infanteri ke-3 (Mekanis) di Jerman. Setelah penugasan ini dan kehadirannya di Kursus Lanjutan Perwira Infanteri, dia ditugaskan ke Divisi Lintas Udara ke-82 di Fort Bragg, Carolina Utara, di mana dia memimpin Perusahaan Dukungan Tempur, Batalyon ke-2 (Lintas Udara), Infanteri ke-50 dan menjabat sebagai Asisten S- 3 (Operasi) untuk Brigade Pertama, Divisi Lintas Udara ke-82.

Tahun 1981, Austin ditugaskan ke Indianapolis pada tahun 1981, Autin bertugas di Komando Perekrutan Distrik Indianapolis Angkatan Darat dan kemudian memimpin sebuah kompi di Batalyon Perekrutan Angkatan Darat.

Austin menyelesaikan studi untuk gelar master bidang pendidikan di auburn University.

Pada tahun 2010, Austin menjadi Komandan Jenderal (CG) Pasukan Amerika Serikat – Irak (USF-I).

Austin bertanggung jawab atas semua pasukan koalisi AS yang tersisa di Irak.

Austin mengawasi transisi dari Operasi Pembebasan Irak dan operasi tempur ke Operasi Fajar Baru dan operasi stabilitas yang difokuskan pada menasihati.

Pada tahun 2011, Austin menjabat Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Amerika Serikat (VCSA), Mulai menjabat pada 31 Januari 2012.

Tugasnya mengatur administrasi harian anggaran Angkatan Darat dan staf markas besar. Di bawah arahannya, Angkatan Darat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi insiden bunuh diri di jajaran tersebut.

Dia juga mengawasi review dari perawatan psikiatri dari personel yang dinilai cacat oleh Angkatan Darat.

Lloyd Austin, pensiunan Jenderal Angkatan Darat yang dinominasikan sebagai menteri pertahanan Amerika Serikat. Jika Kongres menyetujuinya, dia bakal menjadi menteri pertahanan pertama dari kulit hitam.

Selain itu, Austin juga mencapai predikat “yang pertama” selama kariernya.

Austin juga mencatatkan diri sebagai orang Afrika-Amerika pertama yang menjabat sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat dan sebagai Komandan Komando Pusat AS.

Dia menerima Penghargaan Prestasi Seumur Hidup dari Asosiasi Alumni Universitas Auburn pada 2012 dan merupakan anggota Dewan Pengawas Universitas Auburn.

Banyak penghargaan yang ia terima, termasuk lima medali terhormat pertahanan, penghargaan militer non-tempur tertinggi di negara itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Operasi Yustisi, Tim Peucrok Jaring 15 Pelanggar Prokes di Peunayong

Ming Jan 24 , 2021
Foto Dok Humas Polda Aceh (Ist) Acehpos.id | Tim peucrok Sabtu (23/1/21) malam, menyambangi jalan W. R. Supratman Peunayong Kecamatan Kuta Raja, Banda Aceh, kembali […]